Berita

Kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana Tanah Longsor Desa Plakaran Kecamatan Moga

Pembukaan simulasi oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Pemalang

Simulasi Penanganan Bencana Tanah Longsor Desa Plakaran Kecamatan Moga berlangsung pada hari Kamis tanggal 1 Desember 2022. Acara Simulasi dibuka oleh Bapak Sutopo, SH selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Pemalang dengan menekankan bahwa pentingnya peningkatan kapasitas daerah dan masyarakat dalam mitigasi dan penanganan bencana agar dampak kerugian materiil dn non materill dapat diminimalisir. Peserta simulasi berasal dari perwakilan setiap wilayah yang ada di Desa Plakaran dengan proporsi 30% adalah perempuan.

Simulasi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pemasangan alat peringatan dini bencana tanah longsor Desa Plakaran yang sudah terlaksana sebelumnya. Simulasi ini akan meningkatkan kapasitas warga Desa Plakaran sehingga akan lebih tanggap dan tangguh terhadap bencana tanah longsor. Materi simulasi yang disampaikan meliputi kondisi umum dan bencana yang ada di Kabupaten Pemalang, tim SAR, Pertolongan pertama pada korban, serta Evakuasi dan penanganan korban bencana tanah longsor. Narasumber berasal dari BPBD Kabupaten Pemalang dan Pemalang Rescue.

Materi simulasi pertolongan pertama korban bencana tanah longsor

Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan praktek simulasi penanggulangan bencana tanah longsor. Peserta sangat antusias dalam simulasi, dilihat dari semua peran diambil oleh para peserta. Simulasi meliputi aktifasi dan pembentukan tim evakuasi dan pencarian, pencarian korban, penanganan korban,  dan evakuasi korban.

Praktek simulasi pencarian dan evakuasi korban bencana tanah longsor

Acara simulasi ditutup dengan acara evaluasi simulasi, testimoni dari peserta dan testimoni pihak Desa Plakaran.

Foto Bersama penutupan acara simulasi penanggulangan bencana tanah longsor Desa Plakaran

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *