Berita

Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Desa Tundagan Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang

PEMALANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang menyelenggarakan pembentukan Desa Tangguh Bencana di Desa Tundagan Kecamatan Watukumpul pada Tanggal 28 – 30 November 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pemalang Nuryani, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Pemalang Sutopo, Camat Watukumpul Dedi Sarwoaji dan Kepala Desa Tundagan Nurul Humam. Kegiatan ini juga difasilitasi oleh Fasilitator dari Pusat Studi Manajemen Bencana UPN Veteran Yogyakarta

“Berdasarkan Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) Tahun 2021, Kabupaten Pemalang masuk dalam kelas risiko bencana tinggi. Sebagai salah satu upaya dalam menekan tingkat risiko bencana tersebut maka dibentuklah Desa Tangguh Bencana” tutur Sutopo dalam membacakan sambutan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pemalang. “Masyarakat adalah pihak yang paling dekat dengan bencana maka masyarakat harus tahu bagaimana menanggulangi bencana tersebut untuk meminimalisir dampak yang ada. Maka sangat tepat sekali kegiatan pembentukan Desa Tangguh Bencana ini” menurut Nuryani dalam pembukaan acara tersebut.

Peserta kegiatan ini merupakan Masyarakat Desa Tundagan yang terdiri dari berbagai unsur seperti tokoh masyarakat, perwakilan RT dan RW, perwakilan organisasi masyarakat dan relawan. Para peserta ini akan dilatih manajemen risiko bencana mulai dari tahap pra bencana, tanggap darurat hingga pasca bencana, dan nantinya ditunjuk sebagai Pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana dan Tim Tangguh Bencana Desa Tundagan. Diharapkan masyarakat yang telah dilatih dan Desa Tundagan yang telah dibentuk menjadi Desa Tangguh Bencana dapat mandiri dan sigap dalam menanggulangi bencana serta mampu pulih dengan segera dari dampak bencana apabila terjadi bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *