Berita

SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR DAN BANJIR ROB DESA PESANTREN KECAMATAN ULUJAMI TAHUN 2022

Penutupan simulasi oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pemalang

Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir dan Banjir Rob Desa Pesantren Kecamatan Ulujami dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 13 Desember 2022 di Balai Desa Pesantren Kecamatan Ulujami. Acara Simulasi dibuka oleh Bapak Sutopo, SH selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Pemalang. Bapak Sutopo, SH juga menyampaikan pentingnya peningkatan kapasitas daerah dan kapasitas masyarakat terutama di desa rawan bencana dalam mitigasi dan penanggulangan bencana agar dampak kerugian materiil dan non materill dapat diminimalisir. Peserta simulasi berasal dari perwakilan setiap wilayah yang ada di Desa Pesantren.

Simulasi penanggulangan bencana ini dapat meningkatkan kapasitas warga Desa Pesantren dalam hal mitigasi bencana serta penyelamatan dan evakuasi korban. Warga Desa Pesantren akan lebih tanggap dan tangguh dalam penanggulangan bencana banjir dan banjir rob. Materi simulasi yang disampaikan meliputi kondisi umum dan bencana yang ada di Kabupaten Pemalang, pengenalan SAR, pertolongan pertama pada korban, serta evakuasi dan penyelamatan korban. Narasumber berasal dari BPBD Kabupaten Pemalang dan Pemalang Rescue.

Peserta simulasi sedang menyimak materi pertolongan pertama

Selain pemberian materi tentang pertolongan pertama, evakuasi dan penyelamatan korban, para peserta juga melakukan praktek di lapangan dengan didampingi para pelatih. Pelatih dari Pemalang Rescue memberikan contoh penggunaan alat penyelamatan sederhana dan mudah didapatkan yaitu bambu dan ban untuk menyelamatkan korban tenggelam. Para peserta sangat antusias saat praktek simulasi penyelamatan korban tenggelam karena banjir.

Praktek simulasi penyelamatan korban tenggelam menggunakan ban yang diikat tali

Acara simulasi ditutup dengan evaluasi simulasi, testimoni dari peserta dan testimoni pihak Desa Pesantren. Para peserta mengucapkan terima kasih karena sudah dibekali dengan kemampuan penyelamatan dan evakuasi korban. Kepala Desa Pesantren juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPBD Kabupaten Pemalang karena sudah membantu meningkatkan kapasitas warga Desa Pesantren dalam penanggulangan bencana banjir dan banjir rob. Acara simulasi ditutup oleh Bapak Wahadi, SE, M.Si selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pemalang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *